Selasa, 15 Februari 2011

Panduan Umum Merakit Komputer dengan Harga yang Murah



Sudah banyak bukti bahwa walaupun harga komputer rakitan lebih murah tetapi kualiitas yang dihasilkan tidak kalah dengan komputer built-up bahkan tidak jarang untuk harga yang sama bisa kita bisa mendapatkan spesifiasi dan kualitas komputer yang lebih baik. Lantas bagaimana cara kita merakit komputer dengan harga yang murah tetapi mendapatkan kualitas komputer yang memuaskan? Seperti halnya hendak membeli komputer baru/bekas maupun untuk melakukan upgrade komputer, kita harus memperhitungkan dengan baik kebutuhan kita lalu kemudian menentukan spesifikasi komponen atau sparepart komputer yang akan kita beli. Tempat dimana kita membeli komputer akan menentukan murah atau mahalnya harga komputer secara keseluruhan. Langkah berikutnya adalah merakit komponen yang telah kita beli menjadi sebuah komputer dengan performance tinggi.



1. Spesifikasi komputer



Jika anda ingin yang murah, tentunya tentukan spesifikasi komputer yang minimum / minimal. Tetapi jika anda ingin komputer murah dengan kemampuan lumayan, maka tentukan spesifikasi komputer yang optimal. spesifikasi komputer optimal berarti anda dapat bekerja lebih baik dengan harga komputer sedikit di atas minimal. Umumnya kinerja komputer dapat anda tingkatkan dengan menambah memori / RAM atau mnggunakan harddisk yang lebih cepat bacanya. Sedangkan penghematan untuk processor, jangan menggunakan Intel Pentium (Core Duo, dsb), sebagai gantinya anda bisa menggunakan Celeron ataupun buatan AMD.



2. Onboard



Pilih motherboard yang mendukung / tersedia VGA, soundcard, network interface card, dan card lainnya yang tersedia secara onboard. Dengan demikian biaya total akan lebih murah.



3. Shared Memory



jika anda seorang desanr grafis atau pemain game dan anda butuh memori VGA yang lebih banyak,maka anda harus memilih motherboard dan vga yang mendukung untuk melakukan shard memory untuk VGA card.



4. Komponen bekas / sparepart second



dengan menggunakan koponen / sparepart komputer second maka harga komputer dapat ditekan. Sangat banyak barang bekas yang kualitasnya masih bagus dan bahkan seperti masih asli. Penggunaan yang paling sering adalah menggunaan monitor bekas. sebab perbedaan monitor baru dan bekas cukup signifikan. Walaupun demikian, hati-hati dalam memilih, pilihlah sparepart / komponen yang masih bagus dan memberikan layanan garansi.



5. Membeli dari satu toko komputer



Kadang untuk harga komponen komputer yang murah kita harus mendapatkannya dari beberapa toko komputer. Tapi jika kita pada saat ingin membeli beberapa sparepart dan semua toko yang kita datangi harganya ternyata sama, coba untuk membeli beberapa sparepart tersebut pada satu toko dan mencoba untuk minta discount. Jika dikasih syukur, tidak dikasih juga tidak apa-apa. Toh harganya juga sama dengan toko komputer lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar